Ayah: Lebih dari seorang Pria


Aku seorang anak laki-laki. Namun aku harus beri tahu dunia tentang ini. tentang seorang Ayah. yang menyebalkan, yang mengesalkan, namun mengaggumkan dengan sejuta kesunyian yang ia simpan rapat-rapat untuk dunia, dan dia biarkan alam yang akan membuat aku mengerti. Mungkin begitu juga kamu. atau apakah itu adalah alamiah ketka menjadi seorang ayah? Ntahlah..

Dia bukan pribadi yang rupawan. tutur katanya keras, dan cara interaksinya cenderung kasar. Namun lihatlah pada ayahku atau ayahmu..dia adalah orang yang lebih sabar dan tak meledak-ledak dibanding masa mudanya. Dia hanya jadi manusia yang lebih tegas di masa dimana harusnya dia merasa harus melakukan demikian.

Dia bukan manusia tak bercela. Dia juga belajar rupanya.seperti seorang anak laki-laki belajar menjadi seorang pria. Pria ini pun belajar menjadi seorang ayah. mungkin juga kalian yang perempuan belajar menjadi wanita yang anggung dan akhirnya belajar menjadi ibu.

Jujur masa kecilku berisi pikiran bahwa ayahku sama sekali tak mengerti bahwa masaku berbeda dengan masanya. mungkin kamu semua juga begitu. namun coba lihat baik-baik. Dia bukan seorang pria disini. seorang pria punya ketegasan yang lugas tanpa kompromi dengan kehangatan. Dia adalah lelaki kikuk yang mencoba dan terus mencoba untuk mengenalimu, mencoba memberikan kehidupan yang 'empuk' buat kita, bukan lagi buatnya. lebih dari sekedar mau dibilang baik, hangat, dan sebagainya... bukan ! seorang ayah lebih dari seorang PRIA!

Seorang ayah yang hari ini berulang tahun, mengajarkan aku satu hal. bahwa seorang ayah adalah orang yang rela dan mau dianggap menjengkelkan, mengesalkan, kuno, keras kepala, asal tujuannya tercapai. apa tujuan seorang ayah kira-kira? jawablah sesuai hidupmu masing-masing

Namun buatku. Ayahku bukan sekedar pria yang dewasa.dia lebih dari itu. dia manusia yang tak pernah berhenti belajar, untuk hangat tapi tepat. tidak keras tapi tegas, serta bijak walau harus kuanggap galak.. Itulah gambaran ayah buat seorang laki-laki ingusan sepertiku.

Selamat Ulang Tahun Ayah. Kekaguman dan rasa sayangku untukmu ! selalu !

1 comment:

  1. buat papaku juga selamat ulang tahunn..hehe!deketan yah

    ReplyDelete

Siapapun jiwa yang berucap, baiknya aku mengenalmu, dan kamu akan lebih pahami aku adanya